Pendidikan Iriana Jokowi, Rutin Berdoa di Luar saat Pagi Buta Demi Suami dan Anak

Suara.com – Iriana Joko Widodo (Jokowi) disebut memiliki ritual unik untuk mendoakan sang suami dan ketiga anak-anaknya. Setiap dini hari, sang ibu negara tak pernah absen melangsungkan salat tahajud yang dilanjut dengan berdoa.

Uniknya, doa untuk keluarganya tersebut ia panjatkan di luar rumah. Kebiasaan ini dibongkar oleh putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Ia menyebut ibunya itu berdoa sekitar pukul 02.30 setelah salat tahajud.

“Kalau berdoa ibu iya. Biasanya kadang-kadang habis tahajud. Kadang bisa jam 02.30 itu ibu pasti di luar rumah. Jadi, kayak misalnya di Istana Bogor, ya berdoa untuk keluarganya aja,” kata Kaesang dilansir Suara.com dari tayangan kanal YouTube Kiky Saputri Official, Sabtu (9/12/2023).

Lebih lanjut, Kaesang mengungkap jika ibunya lebih merasa khusyuk saat berdoa di luar rumah. Kebiasaan unik Iriana ini tentu membuatnya kembali disorot. Tak terkecuali soal profilnya yang juga menuai rasa penasaran.

Pendidikan Iriana Jokowi

Iriana mengenyam pendidikan di kota kelahirannya, yakni Surakarta. Ia lulus dari SMA Negeri 3 Surakarta pada tahun 1983. Kemudian, ia melanjutkan studi dengan menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Namun, ia diketahui hanya berkuliah selama enam semester. Iriana berhenti tanpa gelar dari kampus tersebut untuk menikah dengan Jokowi. Pernikahan dengan mas kawin cincin senilai Rp24 ribu ini digelar pada 24 Desember 1986.

Setelah menikah, Iriana ikut Jokowi yang mendapatkan pekerjaan di Aceh. Namun, keduanya memutuskan pulang ke Solo usai Iriana hamil anak pertama, Gibran Rakabuming Raka. Lalu, pasutri ini juga dikaruniai dua anak lainnya.

Mereka adalah Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. Di sisi lain, Iriana pernah menjadi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta periode 2005 – 2012 serta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta pada 2012 – 2014.

Posisi itu diembannya karena Jokowi pernah menjabat Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Lalu, pada tahun 2014 hingga 2024 mendatang, Iriana menjadi ibu negara. Tepatnya setelah Jokowi dua kali terpilih sebagai presiden.

Di sisi lain, Iriana juga pernah diberi gelar kehormatan oleh Jokowi. Ia menerima Bintang Republik Indonesia Adi Pradana melalui rapat Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (DGTK) yang digelar Kamis (3/8/2023).

Di awal kemunculannya, Iriana memang menarik perhatian publik. Sebab, penampilannya terbilang sederhana. Riasan hingga tata rambutnya bahkan tidak terlalu menor dan glamour seperti kebanyakan istri pejabat lainnya. 

Iriana juga dikenal sebagai sosok yang sangat mencintai keluarganya. Ia bahkan tidak merasa canggung untuk membersihkan rumahnya meski memiliki pembantu. Sikapnya yang santun pun semakin membuatnya kerap disorot.

Adapun wanita kelahiran Solo, 1 Oktober 1963 itu memang berasal dari keluarga pendidik. Ayahnya seorang guru, begitu pun sang kakek. Iriana sendiri merupakan nama pemberian kakeknya yang terinspirasi dari Irian Jaya, Papua.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

 

Updated: Desember 10, 2023 — 5:37 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *