Toyota Hilux Rangga Jadi Bukti TAM Kembali Serius Garap Pasar Mobil Niaga

Suara.com – Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pengembangan dan rencana peluncuran Hilux Rangga pada tahun depan adalah bukti Toyota serius menggarap kembali ke pasar mobil niaga Indonesia.

Anton, mengatakan Toyota Hilux Rangga akan memperkuat barisan mobil niaga TAM, yang sebelumnya mengandalkan Hiace dan Hilux 4×4.

“Ini menunjukkan bahwa Toyota kembali serius ke kendaraan niaga. Kini kita fokus ke pikap 4×2,” kata Anton dalam acara Year End Media Gathering Toyota, Selasa (12/12/2023)

Lebih lanjut Anton mengatakan Hilux Rangga, yang sebelumnya beberapa kali dipamerkan di dalam dan luar negeri dengan nama Rangga Concept. mendapat sambutan baik dari konsumen dan mitra karoseri.

Ia menerangkan, Hilux Rangga disiapkan menjadi mobil niaga serbaguna yang bisa disulap untuk kepentingan atau fungsi apa saja, mulai dari bisnis, pelayanan publik hingga untuk gaya hidup.

Setidaknya sudah ada 50 karoseri, terang Anton, yang siap untuk membantu TAM membangun Hilux Rangga sesuai dengan kepentingan konsumen.

Diluncurkan awal 2024

Anton sebelumnya memastikan TAM akan meluncurkan Toyota Hilux Rangga, mobil niaga terbarunya di Indonesia pada awal 2024 mendatang. Anton membeberkan pihaknya kini sedang mempersiapkan peluncuran Hilux Rangga.

“Peluncurannya kira-kira di awal tahun depan. Mengapa masih kira-kira? Karena kami masih di tahap persiapan akhir,” jelas Anton.

Lebih lanjut, Anton mengatakan persiapan yang dilakukan TAM jelang peluncuran Hilux Rangga antara lain terkait diler, sparepart dan karoseri.

“Karena ini berkaitan dengan peace of mind pelanggan,” lanjut dia.

Sudah mendarat di Thailand

Sebelumnya Hilux Rangga sudah diluncurkan lebih dulu di Thailand dengan nama Hilux Champ pada November lalu. Di negeri Gajah Putih itu, pikap 2WD ini ditawarkan dalam dua pilihan wheelbase pendak dan panjang.

Harga Toyota Hilux Rangga di Thailand mulai 459.000 bath sampai 577.000 baht, atau sekitar Rp 202,4 juta – Rp 254,5 juta.

Toyota Hilux Champ disiapkan untuk kebutuhan pribadi dan juga bisnis dengan panjang 5.300 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.735 mm.

Sebagai dapur pacu, ada beberapa opsi mesin yakni 2.000 cc dan 2.700 cc berbahan bakar bensin serta mesin diesel 2.400 cc.

Hilux Rangga dibangun di atas sasis IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) seperti Fortuner, Innova lawas dan Hilux. Bedanya Rangga menggunakan platform IMV 0, yang akan bersaing dengan mobil niaga seperti Mitsubishi L300.

 

Updated: Desember 12, 2023 — 5:53 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *